Sunday, June 27, 2004

Mitra Lokal Sumbang 96 Persen Penghasilan Microsoft

detikcom - Jakarta, Secara global Microsoft telah menggandeng 775.000 mitra lokal yang berkecimpung dalam pemberian solusi maupun distribusi produk ke pelanggan. Sementara di Indonesia, jumlahnya mencapai 1.900 mitra.

Mitra-mitra lokal bekerjasama dengan Microsoft dalam 11 kompetensi yang berbeda. Para mitra dapat menentukan jenis kompetensi tersebut sesuai dengan potensi dan komitmen masing-masing. Oleh Microsoft, program ini dikemas dalam program MSPP (Microsoft Partner Program) yang merupakan program pengembangan potensi mitra lokal dalam membangun solusi di atas platform Microsoft. MSPP merupakan salah satu bentuk jangka panjang Microsoft untuk mengembangkan kualitas ekosistem kemitraan.

Megawaty Khie, direktur PT Microsoft Indonesia mengatakan, tujuan dari program kemitraan ini adalah untuk membantu mitra lokal dalam mengembangkan potensi mereka sesuai dengan kompetensi masing-masing, sehingga dapat memberi nilai tambah untuk para pelanggan.

"Secara global, mitra lokal telah memberi kontribusi sebesar 96 persen untuk bisnis Microsoft di seluruh dunia," kata Megawaty pada acara jumpa pers yang berlangsung di Hotel SangriLa, Jakarta, Rabu (23/6/2004). Dijelaskan Megawaty, program ini memberi kesempatan kepada para mitra untuk mengembangkan peluang bisnis sebesar US$7 dari setiap dollar yang dihasilkan dari bisnis Microsoft.

Untuk Indonesia, 40 persen mitra lokal berada di Jakarta sementara 60 persen sisanya berbasis di luar Jakarta. Dari 1.900 mitra lokal di Indonesia, 1.100 diantaranya telah bergabung dalam program MSPP.

Tambah Mitra Lokal Baru

Pada kesempatan yang sama Microsoft juga mengumumkan penunjukan PT ECS Indo sebagai salah satu mitra lokal Microsoft. Di Indonesia, perusahaan yang berbasis di Singapura ini akan menjadi mitra lokal dalam salah satu kompetensi, yaitu pendistribusian produk-produk Microsoft.

Direktur PT ECS Indo, Tantri Bisono mengungkapkan, keberadaan mitra lokal penting untuk memperluas ekosistem kemitraan global. Kemitraannya dengan Microsoft akan memberi kesempatan untuk mengembangkan kompetensi bagi pertumbuhan bisnisnya di Indonesia.

Bidang distribusi merupakan salah satu kompetensi yang akan ditangani PT ECS Indo. Selain bidang distribusi masih ada sepuluh kompetensi lainnya yang dikembangkan Microsfot bersama para mitranya, diantaranya: pemberian solusi infrastruktur, solusi business intelligence, solusi informasi tenaga kerja, solusi bisnis terintegrasi, solusi ISV (Independent software vendor), pembelajaran, infrastruktur jaringan, licensing, solusi OEM hardware dan solusi bisnis Microsoft.

No comments: