Tuesday, June 29, 2004

1 More Form


Satu Form Lagi, dan bagian2 tersulit Tugas Akhir saya selesai, sisanya tinggal merapihkan kode dan Uji Coba. Tugas Akhir (saya lebih suka menyebutnya sebagai Project) saya adalah membuat sebuah software Sistem Informasi Manajemen untuk Jurusan Teknik Informatika ITI.

Software yang saya namakan SIJur ini dibuat menggunakan VB.Net dan MySQL MaxDB database server. Software ini juga sudah mendukung jaringan, Hak akses yang berbeda untuk setiap user yang terdaftar. Fasilitas yang disediakan mulai dari manajemen data Mahasiswa/Alumni, Dosen, Staff beserta daftar pendidikan formal dan informal yang pernah mereka miliki. Juga disediakan Fasilitas perpustakaan jurusan untuk Buku dan CD dengan anggota perpustakaan hanya dibatasi dari Mahasiswa, Dosen dan Staff Jurusan. Tidak lupa pencatatan Mata Kuliah, KRS(Kartu Rencana Studi), KHS (Kartu Hasil Studi) dan penjadwalan Kuliah. Semua data dapat diconvert ke bentuk Microsoft Word, bahkan proses convertnya pun bisa kita lihat.

Sepintas memang mudah, tapi setelah mulai membuat ternyata susah sekali, banyak yang harus dipikirkan dan ketergantungan dari satu tabel dengan tabel lainnya sungguh bikin pusing n berbahaya. Yang lebih sulit lagi menjaga data ketika koneksi agar tidak saling bertumpuk dan beradu. Bagian yang paling sulit dan memakan waktu yang cukup lama adalah bagian KRS dan KHS, memakan waktu hampir 2 bulan! Benar-benar kerja keras.

Sebetulnya kalau referensinya lengkap sih tidak masalah, tetapi saya tidak punya refrensi yang seperti itu, milis VB.Net pun tidak banyak membantu. Kebanyakan milis .Net di Indonesia baru membahas bagaimana menginstal dan menggunakan VS.Net belum ke tahap koneksi ke database dan sebagainya.

Satu form lagi, tinggal bikin preferences untuk admin yang berisi diantaranya pengaturan nilai, Agama, User dan Lainnya. Saya berencana akan menyelesaikannya malam ini. So say good luck for me!

No comments: