Sunday, June 27, 2004

Bill Gates Komentari Stan Shih

detikcom - Jakarta, Stan Shih, Chairman dan CEO Acer tercatat sebagai orang Taiwan pertama yang masuk dalam program Crossing di Discovery Channel. Stan Shih yang dikenal luas di industri TI akan dikomentari oleh pendiri Microsoft, Bill Gates.

Seri Crossing tersebut mulai ditayangkan di bulan Maret, dan akan segera ditayangkan di Afrika Selatan, Jepang, dan ditayangkan ulang di Taiwan. Film dokumenter tersebut menapak tilas perjalanan hidup Shih dari seorang kepala rumah tangga yang rendah hati hingga menjadi salah seorang yang dikenal luas di industri TI saat ini.

Discovery Channel mulai mengerjakan episode mengenai Shih pada bulan Oktober 2003, dengan cara meneliti publikasi-publikasi mengenai Shih, dan berbicara antara lain dengan media terkemuka majalah TIME, Chairman Microsoft Bill Gates, serta anggota-anggota alumnus universitasnya dan teman seangkatannya.

Menurut Bill Gates, Stan Shih telah membuat perubahan besar di dalam sejarah personal computer. "Dia meletakkan Taiwan di atas peta komputer dunia. Dia menjadikan Taiwan sebagai tempat di mana persentase tinggi inovasi dan kerja luar biasa dihasilkan," komentar Bill Gates.

"Kami adalah dua orang yang berani mengambil resiko dan saya pikir apa yang telah ia lakukan, tidak hanya untuk Taiwan tapi juga untuk industri adalah sesuatu yang fenomenal," tambah Gates.

Crossings adalah seri biographi yang mengisahkan perjalanan hidup dari tokoh-tokoh Asia yang berasal dari kehidupan yang beragam. Kisah pribadi mereka yang menakjubkan menceritakan perjumpaan-perjumpaan mereka dengan orang-orang yang berperan besar dalam hidup mereka. Seri Crossings: Stan Shih menjelajahi kampung halaman dan tempat Shih di asuh, kebulatan tekadnya untuk menciptakan perusahaan terkemuka, dan filosofi bisnisnya yang unik. Demikian rilis yang diterima detikcom, Jumat (25/6/2004).

Tokoh menonjol lainnya yang ditampilkan di seri Crossings termasuk pembuat film tersohor John Woo; Aktris dan sutradara dari Cina, Joan Chen; Pemimpin pelindung Gajah Thai, Soraida Salwala; Bintang film laga internasional, Jackie Chan; Kartunis dari Malaysia, Datuk Lat; dan Bankir dari Bangladesh, Profesor Muhammad Yunus.

No comments: