Sunday, March 07, 2010

Software zip alternatif

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan komputer, satu jenis file ini tentunya sudah tidak asing lagi, apalagi ketika kita akrab dengan file transfer lebih dari satu file, baik menggunakan disket, flashdisk, ataupun e-mail. Yup jenis file yang satu ini memang sangat terkenal di dunia IT, format file zip.

Zip file pertama kali diperkenalkan oleh WinZip. Dahulu jenis file ini dipergunakan untuk mengkompres satu atau lebih file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan mudah untuk didistribusikan. Salah satu fitur yang sangat populer adalah zip mampu menggabungkan beberapa dan berbagai macam jenis file ke dalam satu file zip dan meng-ekstraknya kembali dengan utuh ketika dibutuhkan.

Dahulu WinZip masih bisa kita dapatkan dengan gratis karena baru memiliki fungsi men-zip dan meng-unzip file-file saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, berbagai macam format kompresi mulai bermunculan dari format rar yang diusung Winrar hingga format tar, gz, bahkan tar.gz yang awalnya hanya tersedia di sistem operasi Unix like. Semuanya menawarkan fungsi yang sama.

Saat ini WinZip sudah tidak gratis lagi, sehingga kita harus membayar sekitar $30 untuk mendapatkannya. Tentu saja kemampuan WinZip pun sudah tidak usah diragukan lagi, sudah ratusan fasilitas dan kemudahan terdapat di dalamnya. Dari yang telah mendukung berbagai macam format kompresi, hingga mengirimkan e-mail secara langsung dan banyak lainnya.

Tapi tentu saja semua fitur tersebut belum tentu kita butuhkan. Bagi saya pribadi, asal bisa mengkompres file dan membukanya kembali sih sudah ok. Bagi anda yang benar-benar hanya menggunakan format zip, maka Windows XP, dan Windows Vista pun sudah mendukung fitur ini tanpa anda harus menggunakan berbagai macam software. Tetapi saya membutuhkan software yang sanggup membuat dan membuka berbagai macam tipe kompresi seperti WinZip.

Nah berikut ini adalah software alternatif WinZip favorit saya yang bisa anda dapatkan dengan bebas alias gratis.

CamUnzip

Aplikasi ini mudah digunakan, meskipun interfacenya tidak sebaik WinZip, tetapi telah memiliki fitur-fitur yang lengkap.

Meskipun terlihat sedikit sulit untuk digunakan, tetapi aplikasi ini cukup solid dan dapat diandalkan. Tanpa spyware, adware, aplikasi ini benar-benar gratis (tetapi donasi tetap dipersilahkan).

Situs: http://www.camunzip.com/




BIGSPEED Zipper


BigSpeed Zipper adalah salah satu aplikasi zip yang susah-susah gampang untuk dijelaskan. Tentu saja fitur dasar yang menjadi standar telah disediakan tetapi ada beberapa fitur yang menurut saya penting malah hilang. Tetapi aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Contohnya adalah aplikasi ini mampu melihat isi file zip yang masih online tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu! Keren kan? Tapi lagi-lagi saya berpikir, untuk apa ya fitur ini?

Situs: http://www.bigspeed.net/



Optimal Archieve

Pertama kali menjalankan aplikasi ini mengingatkanku pada aplikasi ZIPMagic dan aplikasi zip standar Windows XP - yang dapat membuat tampilan file zip seakan-akan sebuah folder.

Di sisi lain, saya tidak yakin bahwa aplikasi ini termasuk sebagai freeware. Bukan karena aplikasi ini menginstall aplikasi lain yang berbahaya atau adware, spyware, tetapi lebih karena aplikasi ini sendiri sebetulnya adalah sebuah iklan. Setiap kali kita akan menggunakannya kita harus mengklik iklannya terlebih dahulu.

Situs: http://www.optimalaccess.com/


7-Zip

7-Zip akhirnya mendapatkan pengakuan dunia yang memang sudah seharusnya. Freeware zip ini adalah satu-satunya yang telah menyatukan semua teknologi zip dalam aplikasinya. Meskipun 7-zip dikenal untuk dukungannya terhadap format kompresi tingkat tinggi 7z, aplikasi ini juga melakukan pekerjaan lebih baik dari aplikasi lainnya. Coba lihat perbandingannya di: 7-zip.org.

Saya masih merasa interfacenya sedikit kaku dan membingungkan, tetapi mereka telah menyediakan menu "Add to Archieve" di context menu yang mempermudah membuat zip file untuk file dan folder. Satu lagi fitur jagoan dari software ini adalah tersedianya fasilitas self extracting yang memungkinkah sebuah file kompresi dapat di uncompress secara langsung tanpa bantuan software lainnya.

Situs: http://www.7-zip.org/



ZipGenius


Mungkin ZipGenius adalah contoh yang bagus dari salah mendiagnosa masalah. Masalah utama Winzip bukan hanya karena harganya yang terlalu mahal, tetapi juga penuh dengan fitur-fitur yang jarang digunakan dan kompleks. Tapi bagi yang suka dengan fitur yang lengkap, maka dapat dipastikan akan suka dengan aplikasi yang satu ini. Belum pernah saya melihat sebuah aplikasi zip yang memiliki sangat banyak fitur.

Situs: http://www.zipgenius.com/



IZArc

IZArc mensupport banyak sekali format, coba saja perhatikan sejumlah format berikut:
7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BZ2, BZA, CAB, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, JAR, LHA, LIB, LZH, MBF, MIM, PAK, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, ZOO

IZArc juga memiliki enkripsi AES yang bagus bagi yang membutuhkan dan yang hebatnya IZArc memiliki interface yang baik sekali, tidak terlalu kompleks tetapi to-the-point.  Saya terkesan dengan aplikasinya, tetapi tidak dengan websitenya, terlalu membingungkan!

Situs: http://www.izarc.org/



Kesimpulan

Mau pakai yang mana? Semuanya terserah anda. Saya sendiri menyukai 7-Zip dengan segala fiturnya, tetapi saat ini saya malah menggunakan ZipGenius.


Shandy



No comments: