Monday, April 21, 2008

Transact-SQL

Dalam sebuah database server seperti Oracle dan SQL Server, ada yang dikenal sebagai Transact-SQL. Transact-SQL ini memungkinkan beberapa instruksi dilakukan pada saat yang bersamaan sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh logika aplikasi.

Roll-Back dan Commit

Perintah Roll-Back dan Commit biasa digunakan pada beberapa transaksi sekaligus, kita commit ketika kita yakin bahwa transaksi tersebut valid dan kita roll-back ketika kita menemukan kesalahan dan database server secara automatically akan mengembalikan posisi data ke posisi sesaat sebelum kita melakukan transaksi.

Saya gunakan perintah tersebut untuk mencegah data entry yang salah pada beberapa kali eksekusi. Sebagai contoh, misalkan kita punya tabel biodata, lalu biodata ini berhubungan pula dengan tabel pengalamanKerja.

Lalu misalkan kita mau hapus biodata orang, maka perintahnya:
deleteBiodata()
deletepengalamanKerja()

Kalau suatu saat ada kesalahan logika pada fungsi deletepengalamanKerja() diatas, maka data di tabel biodata telah terhapus dan data kita menjadi tidak konsisten lagi. Dengan menggunakan Transact-SQL, kita cukup Roll-Back datanya, maka data di tabel biodata akan kembali ke posisi semula.


No comments: