Friday, November 23, 2007

User Experience = Pamer ?

Nah ini opo maning seh? Gak ngarti dah. Dari jaman baheula sampe sekarang, kalo bikin program untuk user kan biasanya ada dua yang harus di perhatikan, Fungsionalitas dan User Experience. Fungsionalitas, ya artinya valid secara fungsional, semua proses berjalan dengan semestinya. Nah yang dimaksud User Experience adalah bagaimana caranya agar user gampang menggunakan program itu.

Banyak programmer yang lebih mementingkan fungsionalitas tanpa memperhatikan user Experience nya. Padahal seharusnya keduanya sama bobotnya. User Experience tidak harus bagus, fancy atau kinclong kok, yang jelas kelihatan rapih dan enak dipakainya.

Nah beberapa waktu lalu, program yang aku buat, gak sengaja secara user experience nya mengharuskan proses kalkulasi yang terjadi di belakang terlihat dan ternyata malah jadi bagus. User sendiri juga senang melihat ada yang bergerak ketimbang harus bengong ngeliat form yang gak jelas lagi ngapain.

Nah saat ini juga lagi bikin SI berbasiskan web. Gak masalah sih, awalnya aku bikin flat, tanpa ada ini itu, sampe akhirnya kepentok naro menu di mana lagi. Akhrinya dengan sedikit pengalaman di Java, aku coba lah bikin-bikin menu di sisi kiri dengan teknik Accordion yang bisa slide ke atas dan ke bawah.

Luckyly, dengan teknik ini juga banyak modul yang akhirnya bisa di taruh di web tersebut, sehingga kalau emang mau dikembangkan menjadi SI yang komplit pun bisa-bisa saja, tanpa harus banyak memikirkan tampilan lagi, tetapi langsung fokus ke konten.

Tapi ternyata kok malah jadi bumerang ya? Kemaren pas review kok malah dibilang kalo programmer tuh emang suka pamer. Duuuh, gw jadi gak ngerti deh, maunya gimana sih? Dibikin bagus gak mau, dibikin jelek gak protes sih, tapi say thanks nya biasa aja.

Jadi User Experience = Pamer ?

No comments: