Friday, November 30, 2007

Catur atau shogi?

Dua permainan itu bukan permainan sembarangan, tapi permainan yang membutuhkan konsentrasi dan ketajaman pikiran. Taktik dan strategi lah yang menjadi kunci kemenangannya, karena selain lawan memiliki unit-unit yang sama, kemampuan setiap unitnya pun sama, jadi yang menjadi penentu kemenangannya adalah taktik dan strategi yang tepat.

Yah, dalam hidup gw juga seperti itu, rasanya seperti bermain catur, salah jalan atau salah langkah bisa-bisa berabe deh. Sekarang juga gitu, gara-gara kesalahan di masa lalu. Memang sih kita yang saat ini adalah hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu. Nah sekarang adalah permainan shogi tersulit yang pernah gw ikuti. Selain cara mainnya gak tahu, gw juga harus bisa memenangkannya, atau setidaknya bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama hingga bantuan tiba.

Dari satu papan catur ke papan shogi yang lain, lalu pindah ke papan catur berikutnya, rasanya melelahkan, apalagi kalau tidak pernah menang. Tadinya gw pikir level gw setidaknya dah Jounin, tapi ternyata masih Genin. Mungkin bagi Shikamaru permainan ini sangat mudah dan selalu bisa dimenangkannya. Tapi bagiku terasa sangat sulit.

Keep playing or just let it go?

No comments: