Thursday, January 18, 2007

Push it to the edge

Saya lagi coba-coba nulis tutorial untuk Excel, dan terdampar di bagian worksheet. Bingung berapa jumlah worksheet yang bisa di tampung dalam sebuah file Excel. Dugaan awal gw sih 256 sheet, angka keramatnya programmer. Tapi gw pernah generate sheet sampe 300 an sheet!

So gw cross check ke paman google, dan di salah satu resultnya bilang kalo jumlah sheet di Excel tidak terbatas, hanya dibatasi oleh memory komputer yang bersangkutan. Tambah penasaran deh, jadi gw bikin aja program kecil untuk generate sheet.

Gw coba generate 100 sheet, terus 200 sheet, naik lagi jadi 500 sheet, terus 1000, dan yang terakhir 10000 sheet.

Wow! Luar biasa, pertama, kedua, ketiga dan percobaan ke empat sukses! Percobaan kelima failed, gagal mencapai angka 10000, tetapi berhenti di angka 5450! Yup, Excel memang luar biasa! Dengan komputer gw yang sekarang, gw bisa membuat 5450 sheet! cukup banyak untuk bisa mengatakan hampir tak terbatas!

No comments: